Sabtu, 21 Juli 2012

Akhirnya Ramadhan Juga

         Alhamdulliah..tidak terasa rupanya udah ketemu lagi dengan bulan ramadhan.Rasanya baru kemaren meninggalkan ramdhan dengan ditutup perayaan lebaran,eh sekarang udah ketemu lagi dengan ramdhan.Selamat datang bulan yang suci,bulan yang penuh berkah,dan bulan yang didalamnya terdapat malam yang lebih mulia dibanding seribu bulan.Yah…itu lah bulan ramadhan.Yang pertama saya ucapkan adalah rasa syukur Alhamdulillah kepada Alloh atas kesempatan umur dan waktu yang Dia berikan kepada saya sehingga bisa bertemu lagi dengan ramdhan.
        Bulan ini menjadi bulan yang selalu special bagi saya semenjak 3 tahun yang lalu,karena apa?karena sejak ramdhan 2010 kemaren menjadi awal pribadi saya menjalankan ibadah dengan pemahaman yang lumayan mengenai makna kehidupan,makna habluminalloh,makna habluminannas dan makna kedewasaan.Walaupun sudah dari umur 4 tahun saya dibiasakan untuk shaum,namun mulai usia 15-lah saya mulai merasakan betapa nikmatnya beribadah,indahnya ramdhan dan juga beratnya perjuangan untuk menahan diri ini.Mungkin sejak kecil sudah dibiasakan untuk shaum agar ketika dewasa nanti sudah kuat minimal menahan lapar dan haus,namun diluar itu semua,semakin bertambahnya usia maka pemaknaan shaum menjadi bertambah luas dan dalam.Bahwa shaum itu tidak hanya menahan lapar dan dahaga tapi bagaimana diri ini juga dapat menahan segala nafsu,entah itu nafsu emosi,nafsu syahwat dll.Pokoknya bulan ini bulan yang istemewa.Bulan ini kita fighting melawan hawa nafsu,kebiasaan buruk,perbuatan tercela,dll.
          Lalu,pada ramadhan 2010 juga menjadi awal untuk saya belajar dan berjuangan extra untuk menahan lapar dan dahaga dari biasanya,karena ketika menjalani shaum saya juga harus tetap intens mengikuti latihan marching band.Latihan marching band di hari biasa(diluar ramadhan) sangat melelahkan apalagi ini ketika shaum,kebayang ga? Tapi karena dibiasakan dan di sugestikan kuat dan bertahan,Alhamdulillah menjalankan shaum sambil latihan marching band-pun tidak terlalu berat dan condong menjadi kebiasaan sehingga menikmatinya.Hal ini lah yang terasa istimewa dan special karena badan ini dilatih untuk menahan lapar dan dahaga justru ketika badan ini sangat butuh asupan makan dan minum.Namun masih belum dapat diterima oleh logika dan pengetahuan saya bahwa justru shaum itu dapat menyehatkan badan dan pikiran dan telah terbukti.Mungkin itulah kebesaran dan kekuasaan Alloh…..
          Kembali pada penghayatan mengenai ramadhan,saya punya banyak target yang harus dipenuhi dan hikmah yang harus dipetik pada ramadhan ini.Diantaranya adalah menghatamkan membaca al-qur’an,belajar menahan dan mengendalikan nafsu,belajar membiasakan diri melakukan ibadah,belajar menabung dan menghemat uang,belajar memanfaatkan dan memanage waktu dengan baik,dan lain sebagainya.Maka dari itu agar targetnya bisa tercapai dan kebiasaan baiknya dapat dilaksanakan saya menulis sebuah jurnal dan check list harian yang berguna dan bermanfaat untuk mengontrol kegiatan saya agar tetap sesuai jadwal yang direncanakan.Karena bagi saya,ramdhan seperti sebuah ladang tambang emas dan uranium seperti di papua sana yang dikuras habis-habisan oleh Freeport.Jadi ladang itu tinggal saya gali dengan cara menjalankan ibadah agar pahala dan keberkahan dapat saya terima dibulan yang suci ini.
          Di akhir tulisan ini saya ingin menyampaikan harapan saya di ramdhan tahun ini.Semoga apa yang ditargetkan oleh saya dapat tercapai dan segala hikmah dapat di analisa dan dihayati sebagai pelajaran berharga bagi hidup saya kedepannya.Dan semoga juga pada ramadhan ini kuliah Semester pendek saya bisa lancar dan hasilnya memuaskan,aminn,lalu penampilan marching band gita pakuan pada acara gelar senja dapat berjalan lancar dan sukses dan persiapan panitia ulang tahun marching band gita pakuan dapat lancar juga.Akhir kata saya teriakan dengan sangat keras dan penuh semangat AKHIRNYA RAMADHAN JUGA…..
Wassalam…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar