Rabu, 17 April 2013

Everywhere,They're Family

           Keluarga? Apa sih keluarga itu? Mungkin keluarga itu semacam kue,kue manis kayak martabak gitu,hahaha…ngawur.Kalau menurut KBBI keluarga itu artinya ibu dan bapak beserta anak-anaknya; seisi rumah.Namun tak sesempit itu arti dari keluarga,walaupun secara bahasa terdengar simple dan singkat,namun makna dari kata “keluarga” itu sangatlah dalam bahkan lebih dalam dari sumur yang ada di rumah saya.hahaha……entahlah,yang pasti setiap orang dapat mengartikan keluarga dengan berbagai versi mereka masing-masing.Namun bagi saya sendiri makna keluarga tidak bisa dipisahkan dari kata “bersama”.yah karna kita akan menyebut suatu hubungan itu sebagai keluarga karna kita berada bersama dengan mereka.Kita akan menyebut adik,kakak,ayah,ibu sebagai keluarga karna kita sering berada bersama dengan mereka,lalu ketika kamu atau saya berada bersama dengan teman-teman atau sahabat maka kita akan menyebutnya sebagai keluarga.Maka saya sendiri menganggap semua orang yang pernah bersama saya dalam jangka waktu tertentu,berada bersama saya dalam suatu acara,ataupun berada bersama saya ketika kita mengobrol hingga terjadi suatu kenyamanan dan rasa senang,maka mereka adalah keluarga saya.Walaupun mungkin banyak perbedaan diantaranya,mulai dari latar belakang,bentuk fisik,kebudayaan,bahasa,bahkan agama tapi mereka tetap saya sebut keluarga.
          Namun yang saya tahu tentang keluarga itu adalah ketika kita kekurangan mereka akan melengkapi,ketika kita jatuh maka mereka akan membantu kita untuk bangkit kembali,ketika kita sedih mereka menghibur kita,ketika kita senang dan terlampau senang mereka akan mengingatkan kita untuk dapat berbagi kesenangan dan  tidak berlebih lebihan,ketika kita tersenyum maka mereka akan menjaga kita agar terus tersenyum,ketika kita putus asa mereka akan memberi kita semangat,dan ketika kita berdoa maka mereka akan mengaminkannya.
          Saya sendiri akan merasa aman dan nyaman ketika saya berada dalam suatu lingkungan keluarga yang baik.Akan ada suatu kehangatan yang tidak dapat berhenti walaupun hari terus berganti,siang malam silih berdampingan menemani.Hingga datang badai konflik sekalipun akibat gesekan diantara kita,tetapi tidak akan membuat kita terpecah.Konflik justru mengajarkan kita untuk lebih bijak menjalani hidup,mengambil banyak hikmah dan pelajaran didalamnya,bagaimana memulihkan suatu hubungan,bagaimana berkomunikasi yang baik.
          Namun ada suatu batu penghalang yang cukup kuat menhan kita untuk terus bersinar,cukup kuat untuk melawan kehangatan kita,cukup kuat menjegal kebersamaan kita,dan cukup kuat ntuk menarik kita agar ikatan tangan diantara kita renggang lalu terlepas.Dia adalah waktu dan kesibukkan.Banyak jarak diantara kita dan keluarga menjadi renggang dan menjauh karna faktor kesibukkan,dan seperti sebuah bayangan yang mengikuti badan,maka karna kesibukan orang akan berkata “saya tidak punya waktu”.Saya sungguh menyesal ketika salah seorang bagian keluarga ada yang membuthkan uluran tangan dan perhatian ,lalu dengan tak sadar kita berkata “maaf,saya sibuk,saya gak punya waktu”.Rasanya kalimat itu seperti peluru tajam yang menancap kuat didalam dada hingga dia suit untuk bernafas.Maafkan saya teman,sahabat dan semua keluarga saya dan yang pernah menjadi keluarga saya hingga kita jarang berjumpa.Kita berjuang bersama untuk meruntuhkan tembok besar dihadapan kita yaitu tembok yang bernama kesibukkan dan waktu.
          Saya disini sangat bangga telah banyak memiliki keluarga yang luar biasa hebat yang telah bayak memberikan pelajaran berharga kepada saya,banyak membimbing saya untuk maju.Terima kasih kepada keluarga besar saya yang memiliki ikatan sedarah,keluarga sesama agama islam,kelurga sesama suku sunda,keluarga sesama warga Negara Indonesia,kelurga yang pernah sekolah di MI-Al-Hasan,keluarga di SMPN 20 Bdg,keluarga di SMKN 2 bdg,keluarga di Marching band Gita Pakuan,keluarga di Institut Teknologi Itenas,kelaurga di Teknik Mesin Itenas,keluarga di Lab.Metalurgi fisik Itenas,keluarga di Speaker People,keluarga di pertemuan Giggs band,keluarga di jalanan yang suka nanya alamat dan nanya jalan ke saya,dan keluarga yang selalu menganggap saya sebagai saudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar